Musrenbang RKPD dan RKPJD Tingkat Kabupaten Bogor Dilaksanakan Di Harris Hotel Cibinong

 

Musrenbang RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) Kabupaten Bogor Tahun 2025-2045. ( Foto dok. S.M.F Ansori )

GARUDANEWS.net // BOGOR ||Bertempat di Harris Hotel & Convention Cibinong City Mall Cibinong dilaksanakan nya Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) Kabupaten Bogor Tahun 2025-2045 dan RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kabupaten Bogor Tahun 2025 pada  hari Kamis , 28/03/2024 di buka oleh PJ Bupati Bogor Asmawa Tosepu,serta di hadiri oleh para SKPD , Camat se Kabupaten Bogor dan para Muspida Kabupaten Bogor.

Sedangkan menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Ajat Rochmat Jatnika,ST.MSi melalui Press release nya menyatakan, "Tahun 2024 merupakan tahun penyusunan dokumen perencanaan pembangunan yang lengkap,mulai dari dokumen perencanaan jangka panjang, jangka menengah, dan jangka tahunan". Berakhir nya masa perencanaan jangka panjang tahun 2005-2025 mengharuskan Pemerintah Kabupaten Bogor menyusun dokumen perencanaan jangka panjang tahun 2025-2045 dengan memedomani dokumen jangka panjang nasional dan Jawa Barat tahun 2025-2045 ujarnya.

Masih menurut Ajat, "Disamping itu, secara rutin Pemerintah Kabupaten Bogor juga menyusun dokumen perencanaan tahunan yaitu RKPD ( Rencana Kerja Pemerintah Daerah)Tahun 2025 yang menjadi kan RPJPD (Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah) sebagai pedoman". RKPD Tahun 2025 juga merupakan tahun awal diberlakukan nya RPJPD Kabupaten Bogor Tahun 2025-2045. Salah satu tahapan yang dilalui dalam penyusunan dokumen perencanaan adalah Musrenbang.Tahun 2024 ini,  Pemerintah Kabupaten Bogor melaksanakan Musrenbang RPJPD dan RKPD secara bersamaan, mengingat pentingnya sinergi yang harus dibangun antar kedua dokumen perencanaan tersebut. Ujarnya.

Lebih lanjut menurut Ajat mengatakan, "Musrenbang RPJPD dan RKPD berbentuk daring dan luring ,untuk peserta daring sebanyak 700 orang dan luring sebanyak 450 undangan", dengan menghadirkan narasumber dengan tujuan untuk memberikan pandangan terhadap subtansi dokumen perencanaan agar terwujud Sinergi dan Kolaborasi Perencanaan Pembangunan Daerah dalam Mewujudkan Kabupaten Bogor Maju, Berkeadilan dan Berkelanjutan Tahun  2045. Ujarnya 

Ajat berharap, "Musrenbang ini menghasilkan kesepakatan bersama yang tertuang dalam Berita Acara Kesepakatan Musrenbang RPJPD Tahu. 2025-2045 dan RKPJD Tahun 2025, segala masukan ,tanggapan,saran peserta baik yang disampaikan melalui daring maupun luring akan dikaji sebagai bagian dari pendukung subtansi dokumen RPJPD dan RKPD ujarnya.

(Ansori).

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama