Desa Cijayanti Belum lama ini gelar Helaran Budaya Sunda

 

Tampak tengah Camat Babakan Madang Aden, Kekiri baju putih Dedi Mulyadi Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar yang juga Budayawan Sunda, ke kiri Kepala Desa Cijayanti H. Ahmad Paojan. (foto : Ansori) 


GARUDANEWS.net // BOGOR|| Dengan Hari Jadinya Desa Cijayanti ke 96 tahun, sejumlah Aparatur Pemerintahan Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor beserta masyarakat kompak menggelar Helaran budaya Sunda, berbagai perlombaan demi melestarikan seni budaya Sunda, yang dilaksanakan di pasar rakyat Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor dari hari selasa (30/5/2023) hingga rabu (31/5/2023). 

Pada Helaran budaya Sunda di antara nya upacara adat sedekah bumi, lomba dondang, lomba tarian Sunda, Tarawangsa dan Karinding. Acara tersebut dihadiri Camat Babakan Madang Kabupaten Bogor Aden, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, Budayawan Sunda yang juga Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar H. Dedi Mulyadi, jajaran BPD dan Pemerintahan Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor. 

Menurut Kepala Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor H. Ahmad Paojan kepada wartawan mengatakan, "Dengan merayakan Hari Jadi Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor yang ke 96 tahun, " Kami ingin menyadarkan kembali masyarakat khusus nya masyarakat Cijayanti agar melestarikan budaya Sunda yang sangat luar biasa ini, " harus terus di lestarikan sebagai warisan leluhur Kita untuk anak cucu Kita nanti ujar Paojan. 

Masih menurut Paojan, " Hari ini Kita juga menggelar berbagai perlombaan, salah satunya adalah lomba dondang", yang diharapkan terjalin kekompakan antar masyarakat Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor dengan pengurus Badan Permusyawatan Desa (BPD) Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor dan Pemerintah Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor untuk melestarikan seni budaya Sunda ke depannya Kita akan membentuk Paguyuban-paguyuban Kesenian yang ada di Desa Cijayanti ". Kami siap mendukung Program pembangunan dari Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor untuk Kabupaten Bogor ujar pria murah senyum kepada wartawan mengakhiri pembicaraan nya. 

Lain lagi menurut Omay Sekdes Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor di sela-sela acara tersebut mengatakan kepada wartawan, "Dengan Hari Jadi nya Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor ke 96 Tahun", Kami mengangkat tema : Budaya Cengkareng, Nagara Banjar", dengan tujuan mengingat kan kepada masyarakat agar mengingat kepada budaya asli Kita yakni budaya sunda terutama kepada generasi muda pada saat ini ujar pria berkulit putih ini. 

Masih menurut Omay, " Kami berinisiatif menyelenggarakan Helaran ini agar masyarakat khususnya generasi muda Kita lebih mengenal lagi seni budaya Sunda", jadi Kita lebih fokuskan kepada anak-anak supaya lebih mengenal lagi budaya sunda dari bahasa, adat istiadat yang terpenting. Dengan momentum HUT ke 96 tahun Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor ini adanya harmonis baik antara Pemerintahan Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor, stakeholders dan masyarakat Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor dan Kita tingkatkan kembali nilai-nilai gotong royong dengan melibatkan masyarakat Desa Cijayanti Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor ujarnya mengakhiri pembicaraan nya kepada wartawan.

 (Ansori)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama