Pemko Tanjungbalai Laksanakan Pertemuan Lintas Sektoral Rembuk Stunting

Pemko Tanjungbalai melalui Dinas Kesehatan menggelar pertemuan lintas sektoral rembuk stunting dan Rakor percepatan penurunan stunting. (Herman)


GARUDANEWS.net // TANJUNGBALAI || Pemko Tanjungbalai melalui Dinas Kesehatan menggelar pertemuan lintas sektoral rembuk stunting dan Rakor percepatan penurunan stunting di wilayah  Tanjungbalai.

Acara tersebut berlangsung di Aula Resto Raja Bahagia Jalan Jamin Ginting, Sirantau Datuk Bandar, Rabu (12/07/23).

Kadiskes Tanjungbalai, dr.Hj.Nurhidayah dalam laporannya mengatakan, sejauh ini Pemko Tanjungbalai melalui Dinas Kesehatan telah melakukan upaya serius dalam rangka menurunkan angka stunting di wilayah Kota Tanjungbalai. 

Dinkes telah melakukan berbagai langkah diantaranya, pengambilan sampel stunting, sosialisasi sasaran program terhadap remaja, calon pengantin, Ibu hamil dan menyusui serta terhadap Balita. 

Dinkes juga melakukan konseling bagi golongan tersebut dan bagi masyarakat usia produktif dan usia sekolah. 

Presentasi angka stunting di Tanjungbalai saat ini sebesar 26 %, target penurunan minimal dapat ditekan hingga angka 19 %. Kadiskes berharap, melalui upaya lintas sektoral, persentase tersebut dapat terus ditekan hingga ke angka 7 persen.

"Saya sangat berharap bukan hanya Dinkes, tapi seluruh lintas sektoral dapat bekerjasama dan berkontribusi untuk menekan angka stunting di Kota Tanjungbalai", katanya. 

Acara rembuk diisi dengan penyampaian materi oleh Rizal Efendi, selaku Teknical Assisten Mids Regional I BKKBN Sumut. 

Senada dengan Kadiskes, Wali Kota Tanjungbalai, H.Waris Tholib dalam sambutannya juga berharap agar permasalahan stunting tidak hanya ditangani oleh Dinas Kesehatan, melainkan dengan kerjasama lintas sektoral.

"Seluruh instansi yang ada di Kota Tanjungbalai hingga ke tingkat lingkungan harus bekerjasama dalam upaya penekanan angka stunting ini," ujarnya.

Turut hadir dalam acara itu, Wakil Ketua Pengadilan Agama, M.Sakral Ritonga,SH.MH, mewakili Dandim 0208/AS Danramil 08/PB, Kapt.H.R.M Edi Yanto, mewakili Danlanal TBA, Kepala Balai Pengobatan Lanal TBA, Letda Salwan, mewakili Kajari TBA, Nurul Ayu Rezeki, SH dan Kadis DPPKB, Darulyana Siregar. 

(her)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama