Harimau Sumatera Serang Warga di Langkat Dilumpuhkan dengan Tembak Bius

 

Harimau Sumatera yang menyerang warga dilumpuhkan dengan bius. ( foto dok. Muliono )

GARUDANEWS.net // LANGKAT ||Seekor harimau Sumatera dikabarkan menyerang dua warga Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat berhasil dilumpuhkan dengan tembakan bius oleh team gabungan Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dan Kementerian Kehutanan.

Penangkapan dilakukan setelah dua (2) hari pencarian, dimana team gabungan BKSDA dan Kementerian kehutanan dibantu pemerintah setempat dan warga menyusuri jejak harimau dan memasang kerangkeng besi dengan umpan seekor kambing.

Alhasil, Sabtu (16/03/2024) sore sekitar pukul 17.30 WIB, di kawasan Dusun V Damar Hitam, Desa Mekar Makmur, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara harimau Sumatera penyerang warga terlihat dan dilumpuhkan dengan cara ditembakkan bius

Andoko H selaku Kepala Seksi VI Besitang Kementerian Kehutanan, dalam mengatakan, penangkapan harimau dilakukan dengan cara penembakan bius lalu dimasukkan ke dalam kandang yang telah di sediakan oleh team BKSDA.

“Harimau yang ditangkap berjenis kelamin betina dan memiliki tanda kalung di leher. Untuk selanjutnya harimau yang ditangkap sementara dibawa ke Balai Besar BKSDA Medan,” ucap Andoko.

Sementara itu Camat Sei Lepan, M Iqbal Ramadhan SE, mengucapankan terimakasih kepada team BKSDA dan Kementerian Kehutanan serta semua pihak yang sudah membantu menangkap harimau penyerang warga

“Atas nama masyarakat saya ucapkan terimakasih atas ditangkapnya harimau yang menyerang warga, kejadian ini membuat masyarakat menjadi shock dan trauma. Semoga kejadian ini tidak terulang kembali,” harap Iqbal

Sebelumnya, berselang empat (4) hari pasca petani cabai bernama Jerimia Peranda Ginting (25) warga Desa Harapan Maju, Kecamatan Sei Lepan, diserang harimau, kini kembali harimau Sumatera menyerang warga saat sedang memanen tandan buah sawit (TBS)

Korban diketahui bernama M Ikhwan Sembiring (41) seorang Buruh Harian Lepas (BHL) warga Dusun V Sidorejo, Desa Mekar Makmur, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Sumut.

Informasi yang diterima, peristiwa terjadi Kamis (14/03/2024) sore sekitar pukul 17.20 WIB, korban (Ikhwan) diserang harimau saat sedang memanen TBS milik warga di Dusun V Sedorejo Damar Hitam, tak jauh dari tempat tinggal korban, akibat kejadian ini korban mengalami luka cakar dan gigitan harimau di bagian kaki.

(Mul)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama