Peringatan Isra' Mi'ra di Rusunawa Kayu Putih ; Hidup Bukan Sekedar Hidup, tapi Hidup untuk Yang Maha Hidup

Peringatan Isra' Mi'raj di Komplek Rusunawa Kayu Putih, Tanjung Mulia Hilir. ( Foto dok. Agus R )


GARUDANEWS.net // TANJUNG MULIA HILIR||Isra' Mi'raj, peristiwa luar biasa dalam sejarah Islam, diperingati dengan khidmat untuk memperingati momen ketika Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan malam dari Mekah ke Masjidil Aqsha, kemudian naik ke Sidratul Muntaha dalam mi'raj spiritualnya.

Seperti di Komplek Rusunawa Jalan Kayu Putih, No. 9, Kelurahan Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli, bertempat di Masjid Mardhotillah, dilaksanakan peringatan Isra' Mi'raj, pada Minggu (3/03/24) sekira pukul 20:30 WIB, dengan thema : " Menjalankan perintah Sholat lima waktu berjamaah dengan Istiqomah  dan sabar," dan sub thema;" Meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT,".

Ketua Panitia acara Ridwan Kesuma, mengatakan bahwa, sebelumnya diadakan lomba bagi anak-anak, dengan jumlah peserta kurang lebih 100 orang, dengan 3 jenis kategori yang diperlombakan, yaitu ;

1. Lomba membaca ayat pendek Al-Qur'an

2. Lomba Adzan dan

3 Lomba  membaca puisi Islam.

Dalam acara tersebut menggelar, tari-tarian dan sholawat, membaca ayat suci Al-Quran, serta ceramah dari ustadz, selanjutnya diakhiri doa bersama sebagai bagian dari peringatan ini. 

Tarian dan sholawat dibawakan oleh putra-putri warga Komplek Rusunawa, yang mendapat antusiasme dari penonton yang hadir dalam acara. 

Kata sambutan dari Ketua Panitia Acara, Ridwan Kesuma, yang menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terlaksananya acara, hingga selesai.

" Tak lupa juga permohonan maaf jika dalam acara ini masih banyak kekurangan dan belum sesuai ekspektasi, namun berkat support yang diberikan, patut disyukuri dapat terlaksana dengan sukses tanpa kendala yang berarti," ucap Ridwan Kesuma.

Kemudian, secara singkat sambutan dari Arifin, selaku Ketua BKM Masjid Mardhotillah, yang mengucapkan apresiasinya kepada panitia yang telah sukses melaksanakan acara ini.

Pembacaan ayat suci Al-Quran, oleh Ustadz Ikbal Al- Anshari Simatupang, pernah sebagai juara qori tingkat nasional, dan saritilawah adalah Nazwa.

Dalam ceramahnya, Ustadz H. Ilham Wahyudi Lc. S.Pd.I, yang mengajak umat Islam, khususnya warga Komplek Rusunawa, untuk merenungkan makna mendalam dari Isra' Mi'raj, termasuk pesan-pesan spiritual dan nilai-nilai kehidupan yang dapat diambil dari perjalanan yang luar biasa ini, agar diberikan berkah dan ridho dari Allah SWT.

Ustadz H. Ilham Wahyudi, Lc,S.Pd.I, memberikan pandangan hidup tentang makna dan hikmah dari Isra' Mi'raj, agar umat Islam taat dalam ibadah wajib dan Sunnah, yang mengingatkan pada tujuan Allah SWT, menciptakan  manusia yaitu untuk beribadah  dan menyembah Allah SWT. 

H. Ilham Wahyudi juga mengajak warga yang hadir dalam Peringatan Isra Miraj ini juga menjadikan hidup bukan sekedar hidup, tapi momen untuk meningkatkan hidup kepada Yang Maha Hidup, dengan ketaqwaan kepada Allah SWT.

" Jadikanlah hidup bukan sekedar hidup, tapi jadikan hidup kita untuk Yang Maha Hidup, agar mendapat berkah dan Mardhotillah/ mendapat ridho dari Allah SWT," tutur Ustadz H. Ilham Wahyudi, Lc. S.Pd.I.

Semangat kebersamaan dan persatuan terasa kuat dalam peringatan Isra' Mi'raj ini, memperkuat rasa solidaritas sesama warga Komplek Rusunawa. Selain itu, berbagai amal dan kegiatan kemanusiaan diadakan sebagai wujud implementasi nilai-nilai kepedulian terhadap Islam sebagai agama yang diturunkan oleh Allah SWT, menjadi Fastabiqul Khoirot/garda terdepan sebagaimana yang dituliskan dalam Al-Qur'an.

Peringatan Isra' Mi'raj tidak hanya menjadi momen penting perjalanan Nabi Muhammad SAW, dalam membawa perintah Allah kepada manusia yaitu melaksanakan sholat lima waktu, menjadi sejarah agung umat Islam, tetapi juga kesempatan untuk merenungkan diri, memperbaiki diri, dan memperkuat ikatan spiritual dengan Allah SWT, menjelang puasa Ramadhan 1445 Hijriah.

( Gus )

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama