Catatan Demokrasi Jilid VI, by Kaperwil Garuda News TV Provinsi Aceh

 

Foto ilustrasi 

GARUDANEWS.net // SINGKIL || Tulisan Kaperwil Provinsi Aceh, Garuda News TV, kali ini adalah terkait Pilkada yang sudah semakin dekat, dimana perlunya bagi masyarakat, khususnya di Kabupaten Aceh Singkil dalam memilih sosok pemimpin yang tepat agar ke depannya masyarakat Aceh Singkil menjadi lebih maju, sejahtera.

Ramli Manik, menuliskan referensi pemimpin dalam sudut  pandangnya sebagai seorang jurnalis yang kerap menyoroti kinerja pemerintah dan sebagai kontrol sosial bagi masyarakat yang perlu di perhatikan, dalam memilih calon pemimpin yang tepat,  baik akhlaknya dan memikirkan kemajuan serta kesejahteraan masyarakatnya.

Pemilihan kepala daerah di Provinsi Aceh sudah semakin dekat,baik pemilihan gubernur maupun bupati dan walikota, perlunya bagi masyarakat dalam melihat kriteria pemimpin yang sesuai dengan hati nuraninya.

Menurut Ramli Manik, ada tiga kriteria pemimpin yang perlu diperhatikan.

I.Pemimpin Tidur

  Kriteria Pemimpin yang sifatnya tidur ialah, hanya memimpin dengan cara apa adanya, tidak perduli dengan kemajuan  daerahnya, tidak perduli dengan kinerja ASN yang di pimpinnya. Dalam pandangan pemimpin seperti ini, yang penting jangan ada masalah, kemungkinan bisa kaya dari hasil menjadi kepala daerah, artinya jalan keluarnya semua dapat pekerjaan,dan tanpa memikirkan  masyarakatnya.


II.Pemimpin Bangun.

 Kriteria pemimpin yang bangun ialah, dia hanya mengelola dan mempergunakan anggaran daerah dengan apa yang di alokasikan ataupun di beri oleh pusat dan provinsi. tidak mau menjemput bola, baik dana yang bersumber dari APBN maupun APBA.  kepala daerah yang memimpin seperti  ini, biasanya dia mau mengambil hati  masyarakat dengan cara, sering datang baik dalam undangan orang kaya maupun undangan orang miskin. Padahal pemimpin yang baik bukan karena sering undangan, tapi bagaimana memajukan daerah yang di pimpinnya bisa lebih baik, taraf ekonomi, ketahanan pangan, stunting, pendidikan, budaya, dan sebagainya.

III.Pemimpin Yang Membangun.

Kriteria pemimpin yang membangun ialah, berhasil membuat daerah tersebut menjadi lebih maju, baik di bidang pemerintahan, pembangunan, pendidikan,ekonomi berbasis kerakyatan /masyarakat, infrastruktur, kelautan dan perikanan,dan lainnya. Biasanya pemimpin seperti ini masih jarang kita temukan.

Sejak pemekaran Kabupaten Aceh Singkil pada 27 April 1999 sampai saat ini, Bupatinya silih berganti, dari ke tiga kriteria di atas, pemimpin yang bagaimana masyakarat pilih dalam pemilihan gubernur/bupati/ walikota.

Tentu dalam Pilbup di bulan November 2024 yang akan datang kita bisa menentukan pilihan kita.

1. Apakah pemimpin tidur......

2. Apakah pemimpin bangun......atau

3. Apakah pemimpin membangun.......


(Ramli Manik)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama