Pemaparan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan kepada Masyarakat Pematang Silampuyang oleh Drs. Tuanilumbwn Tobing, M.Si

 

Pemaparan Ideologi Pancasila yang disampaikan oleh Anggota DPRD, Fraksi PDIP Dapil 9. ( Foto dok. Sarwedi )


GARUDANEWS.net // SIANTAR || Dalam rangka penyebar luasan Ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan, Anggota DPRD Sumatera Utara dari Fraksi PDIP yang disampaikan kepada masyarakat Pematang Silampuyang, di Huta 4, Pematang Silampuyang, pada Selasa (26/03/24) sekira pukul 10:00 WIB.

Acara dimulai dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang saat pembukaan acara di lanjutkan dgn pembacaan teks Pancasila.

Turut hadir  Camat Siantar Henry Butar Butar, Babinsa 08 Bangun Sertu Suhendra, Pangulu/Kades Pematang Silampuyang beserta jajarannya dan para Kadus nya.

Kata sambutan disampaikan dari Pangulu/ Kades Pematang Silampuyang, agar masyarakat mendengarkan paparan dari narasumber yang membawakan tentang pentingnya ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan.


Kemudian Camat Siantar juga dalam sambutan pembukaan nya, menganjurkan akan masyarakat hidup rukun dan damai di Kecamatan Siantar , walaupun berbeda Suku, dan Agama serta Ras, namun tetap warna negara Republik Indonesia.

Kemudian di lanjutkan dengan penjelasan singkat tentang ideologi Pancasila, yang di sampaikan oleh Drs Tuanilumban Tobing M.Si, Anggota DPRD Sumut Fraksi PDIP Dapil 9.

Dirinya menghimbau para orang tua di harapkan mengawasi anak-anaknya dari hal hal yang tidak di inginkan, jangan sampai terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba dan genk motor. 

Marak nya kenakalan remaja, pada saat ini, kemungkinan karena kurang paham tentang ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan," Bila kita semua sudah paham akan hal itu, maka tidak ada lagi masyarakat yang terjerumus dalam perbuatan yang tidak terpuji," ujar Tuanilumban Tobing M.Si, 

Ditambahkannya, saat ini kakak beradik saja bisa saling selisih paham akibat perbatasan tanah, dengan ucapan yang tidak enak dan lain sebagainya. 

Drs Tuanilumban Tobing M.Si berharap bila masyarakat nya akur, maka alangkah indah nya negri ini.

Kemudian Ketua PKK Emilsani Manik, menyampaikan pertanyaan dan meminta kepada Drs Tuanilumban Tobing M.Si untuk membantu merenovasi Polindes  Pondok Bersalin desa ), yang saat ini sudah tidak layak lagi di pergunakan karena bangunan tersebut sudah tua.

Spontan,  Drs Tuani melihat keadaan yg memprihatikan rumah kesehatan bagi ibu melahirkan, dan lngsung saja di instruksikan kepada Camat dan Pangulu untuk membuat surat usulan perbaikan kepada Pemkab Simalungun yang nanti nya akan di kawal dirinya.

Selanjutnya, masukan dari masyarakat juga agar Polindes di bangun di dekat Kantor Pangulu/Kdes Pematang Silampuyang, agar lebih maximal dalam pelayanannya,karena terpantau oleh Pangulu/Kades dan Camat Siantar saat ada kunjungan ke kantor pangulu.

Paparan lengkap ideologi di sampaikan oleh Anggota Karang Taruna Simalungun, Insani Tambunan, dimana dalam pemaparannya ada 4 pilar ideologi Pancasila yang harus di sampaikan oleh masyarakat, yakni ;

1.Pancasila

2.UUD 1945

3.NKRI

4.Bhineka Tinggal Ika..

Masyarakat diharapkan jangan mudah menerima informasi yang tidak jelas sumbernya, karena bisa saja itu menyesatkan. Banyak Ulah manusia saat ini yang berdampak terjadinya bencana alam, contoh nya seperti menggunduli hutan ini fatal akibat nya bagi masyarakat sendiri, membuang sampah sembarangan ini berdampak pada banjir di pemukiman penduduk, dimana yang akan dirugikan adalah masyarakat sendiri.

Untuk mempersatukan antar umat beragama, dilaksanakan gotong royong salah satu nya, karena dalam bergotong royong komunikasi berjalan baik sesama masyarakat.

Apalagi sebentar lagi akan ada pilkada jangan mudah di hasut oleh orang yang tidak jelas. Kemudian harus diingat bahwa keputusan tertinggi ada di tangan rakyat.

Pilihan boleh beda namun kesatuan dan persatuan harus tetap terjaga dengan baik. Senjata yang paling ampuh untuk tidak terjadi perpecahan di tengah Masyarakat maka sangat perlu sosialisasi wawasan kebangsaan sampai ke masyarakat paling bawah.

Demikian paparan tentang Ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan yang di sampaikan oleh narasumber, yang ditutup oleh Pangulu/Kades Pematang Silampuyang, pada pukul 12.05 WIB.

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama