Bandrek Berkalsium Inovasi Limbah Pesisir, Mengikuti Pameran UMKM Kecamatan Medang Deras

 

Tepung Kalsium yang diolah berbagai aplikasi makanan dan minuman, mengikuti pameran UMKM Kecamatan Medang Deras. ( Rilis )


GARUDANEWS.net // BATUBARA || Produk kalsium hasil inovasi dari Tim Rekayasa Sosial Dosen USU, yang diketuai oleh Dra. Dara Aisyah, M.Si, Ph.D, dan Dr. Muhammad Sontang Sihotang, S.Si, M.Si, mengikuti ajang penilaian produk UMKM Desa tingkat Provinsi Sumatera Utara,di Kecamatan Medang Deras.

Kegiatan ini yang di inisiasi oleh Syahrizal selaku Camat Medang Deras bersama jajarannya, guna meningkatkan potensi UMKM yang ada di Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara. Acara ini diadakan di Jalan Sudirman, Aula Kantor Camat Medang Deras, pada Rabu (24/05/23).

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Tim Penggerak PKK Desa Medang Lama menyajikan produk kalsium yang diaplikasikan ke berbagai olahan makanan yang dipamerkan dalam ajang tersebut, seperti : bandrek berkalsium, aneka kue-kue yang diolah berbasis inovasi kalsium, dimana sebelumnya Tim Riset Rekayasa Sosial Dosen USU, telah melakukan transfer knowledge dan pengetahuan, juga sosialisasi serta pelatihan kepada masyarakat nelayan pesisir Desa Medang Lama, tepatnya di Dusun Kuala Sipari dan Dusun Pematang Eru.


Siti Sahara,(baju putih) Ketua KPPI Kabupaten Batubara.

Selain itu, dengan adanya pameran UMKM Kecamatan Medang Deras yang dikunjungi oleh tim dari Provinsi Sumatera Utara, diharapkan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat dan menjadi perhatian khusus bagi Pemprov Sumatera Utara, dan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, agar pemberdayaan masyarakat melalui sosialisasi dan pelatihan tata kelola limbah pesisir masyarakat nelayan sebagai percepatan pengentasan kemiskinan, yang telah dilakukan oleh Tim Riset Rekayasa Sosial Dosen USU selama ini, dapat dikembangkan serta didukung bersama Pemerintahan, baik Kabupaten, Kecamatan serta Pemerintahan Desa.

Siti Sahara sebagai ketua dari Kesatuan Perempuan Pesisir Indonesia (KPPI), merasa  termotivasi dengan adanya pelatihan pembuatan kalsium ini, yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan perekonomian keluarga terutama bagi para disabilitas dan lansia khususnya di wilayah pesisir,

"Saya Ketua KPPI Kabupaten Batu Bara sangat berterimakasih kepada bapak Sontang Sihotang dan ibu Dara Aisyah, yang telah melatih kami, perempuan pesisir untuk memanfaatkan limbah laut menjadi kalsium. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami, dan pastinya bisa meningkatkan perekonomian keluarga kami," ujar Siti Sahara, Ketua KPPI Kabupaten Batubara.



Produk tepung kalsium yang ikut meramaikan pameran UMKM Kecamatan Medang Deras mendapat perhatian,antusias dan sambutan positif dari Tim Pemprov- SU, dimana langsung disajikan bandrek berkalsium hasil aplikasi olahan makanan dan minuman untuk dicicipi.

Mewakili Camat, Kasipem Kecamatan Medang Deras, Rizal SE,sebagai promotor pembangunan di Kecamatan Medang Deras, dimana sebelumnya telah mengkoordinir para pelaku UMKM, khususnya kelompok kerja masyarakat yang telah mengikuti pelatihan tentang tata kelola limbah pesisir ini.


Terpisah, Ketua Tim Rekayasa Sosial Dosen USU, Dra. Dara Aisyah, M.Si, Ph.D, sangat mengapresiasi kegiatan ini, dimana sebelumnya pada minggu lalu telah terjun ke Kabupaten Batubara, di beberapa desa yang telah terjalin kerjasama bersama Masyarakat Nelayan/Pesisir dan Pemerintahan Desa juga Tim Dosen sebagai kerjasama Triple Helix.

Kepada kru media ini, mengatakan bahwa Tim Riset Rekayasa Sosial sedang menjalin kerjasama dengan pihak Pemkab Batubara, dalam program Tata Kelola Limbah Pesisir di Kabupaten Batubara menuju "BATUBARA ZERO WASTE". 

Masih kata Dara Aisyah, kedepannya pemberdayaan masyarakat akan mengikutsertakan lansia, dan disabilitas, agar program ini memberikan manfaat besar bukan hanya untuk kesehatan namun juga pemberdayaan masyarakat yang dapat memberikan nilai tambah/penghasilan bagi masyarakat, karena hasil olahan tepung kalsium memiliki nilai jual menambah peluang munculnya UMKM di masyarakat Kabupaten Batubara, khususnya Kecamatan Medang Deras, tutup Dra. Dara Aisyah, M.Si, Ph.D.

(Gus)

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama