Publikasi Kinerja Kecamatan Cibinong ; Camat Cibinong Gelar Tarling Perdana Tingkat Kabupaten Bogor Bersama Polres Bogor

 

Publikasi kegiatan Kecamatan Cibinong. ( foto dok. Juliyanto )

GARUDANEWS.net // CIBINONG || Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1445 H, Muspika Kecamatan Cibinong bersama Polres Bogor, Polda Jabar, melaksanakan kegiatan Tarawih Keliling (Tarling) tingkat Kabupaten Bogor. Kegiatan Tarling Perdana dilaksanakan di Masjid Al-Muttaqin Kampung Kaumpandak RT.02, RW.13, Kelurahan Karadenan, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin malam (18/3/2024). 

Camat Cibinong Acep Sajidin menyampaikan, kegiatan tarling hari pertama dilaksanakan di Masjid Al-Muttaqin sebagai tempat ibadah yang mewakili Kecamatan Cibinong. Kegiatan Tarling ini juga digaungkan sebagai agenda kegiatan Pemerintah Kabupaten Bogor yang dipimpin Pj. Bupati Bogor Asmawa Tosepu. 

"Dalam kesempatan ini kita (Muspika Cibinong) sebagai tuan rumah di Tarling pertama ini, sehingga kita kumpul semua forum muspika Cibinong termasuk para lurah serta tokoh masyarakat yang berada di sekitaran masjid Al-Muttaqin Karadenan, dan kegiatan tarling tingkat kabupaten Bogor ini yang pertama, dan sebagai ketua timnya Kapolres Bogor, AKBP Rio Wahyu Anggoro," jelasnya. 

Hadir bersama Camat Cibinong, Waka Polres Bogor Kompol Adhimas Sriyono Putra, turut menyampaikan sambutan kegiatan tarling di Masjid Al-Muttaqin. Tarling Kabupaten Bogor dihadiri seluruh Lurah se-Kecamatan Cibinong dari 13 Kelurahan, jajaran Direksi RSUD Cibinong, para Camat Kabupaten Bogor, Kepala Desa dan tokoh masyarakat. 

Masih kata Acep, menurutnya penunjukkan masjid Al-Muttaqin sebagai tempat perwakilan Kecamatan Cibinong, dipilih bukan tanpa sebab, dimana sarana ibadah bagi umat muslim itu dilihat belum sekali pun diikut sertakan dalam program bergengsi tingkat Kabupaten Bogor. 

“Penunjukkan masjid Al-Muttaqin ini adalah (inisiasi) saya sendiri yang menunjuknya sebagai Camat, kenapa saya pilih masjid ini karena dari sekian masjid yang ada dengan lokasi strategis, Masjid Al-Muttaqin ini belum pernah kita ikut sertakan di kegiatan seperti ini. Makanya saya pilih masjid Al-Muttaqin Karadenan sebagai masjid yang mewakili Kecamatan Cibinong di Tarling tingkat Kabupaten Bogor dihari pertama,” terangnya. 

“Dan kalau nggak salah juga, pelaksanaan Tarling tingkat Kabupaten Bogor pada bulan Ramadhan 1445 Hijriah malam kedelapan ini, dilakukan serentak di lima kecamatan berbeda,” imbuhnya. 

Selain itu, bebernya, kegiatan di bulan suci Ramadhan tidak hanya dilakukan tingkat Kabupaten saja, namun akan dilakukan juga di tingkat Kecamatan Cibinong yang diinisiasi Camat sebagai pemimpin yang mewakili wilayah ibukota Kabupaten Bogor. 

“Nanti selanjutnya, untuk Kecamatan Cibinong juga akan melakukan tarling tingkat Kecamatan yang diinisiatori saya sendiri selaku Camat Cibinong," tandasnya. 

Lebih lanjut Acep menyebutkan, tujuan diselenggarakannya kegiatan tarling yakni sebagai ajang menjalin tali silaturahmi antara alim ulama dan Umaroh, maupun pertemuan antara masyarakat dengan para pejabat pemerintahannya hingga pihak Kepolisian Republik Indonesia yakni dari jajaran Polres Bogor. 

“Dengan adanya Tarling ini, kan kita jadi bisa saling bertemu bahkan untuk kita saling bertemu antara kita di pemerintahan Kabupaten Bogor dengan warga masyarakatnya di momentum yang baik pada malam hari ini,” ujarnya.

Di tempat sama, Waka Polres Bogor, Kompol Adhimas Sriyono Putra menyampaikan, tarawih keliling yang diprakarsai oleh Pemkab Bogor merupakan hal baik dan patut dicontoh oleh wilayah di pemerintahan daerah manapun. Menurutnya, jajaran Polres Bogor di amanahkan untuk turut serta dalam program ramadhan 1445 H, yang kali pertama ini dilaksanakan di masjid Al-Muttaqin Karadenan, pihaknya merespon baik dan mengapresiasi atas amanah yang diberikan terhadap lembaga Kepolisian RI. 

“Dari polres Bogor yang kebetulan diamanahkan untuk yang pertama kali dalam melaksanakan tarawih keliling di masjid Al-Muttaqin ini alhamdulillah dengan suasana yang baik. Dan di kesempatan tarling perdana di masjid-masjid wilayah Kecamatan Cibinong. Saya juga di dampingi oleh Pejabat Utama (PJU) dari Polres Bogor, Kapolsek Cibinong Kompol Waluyo, beserta Bhabinkamtibmas kelurahan Karadenan,” jelasnya. 

Lebih lanjut pria angkatan STIK ke-64 tahun 2014 ini juga berharap, dengan hadirnya anggota kepolisian Republik Indonesia di tengah-tengah masyarakat, warga masyarakat diharapkan bisa merasakan kehadiran polisi serta dapat menumbuhkan kepedulian dan kepercayaan warga masyarakat lebih jauh lagi terhadap sesama. 

“Dengan kami hadir disini, masyarakat juga bisa merasakan kehadiran polisi, dan kita juga bisa menumbuhkan kepedulian masyarakat lebih jauh lagi terhadap sesama khususnya dalam hal keamanan dan ketertiban masyarakat,” pungkasnya. 

Rasa bahagia juga disampaikan Suratno, Ketua RT 02 RW 13 Kelurahan Karadenan, Kecamatan Cibinong, dirinya mengaku senang dan bangga atas terpilihnya masjid Al-Muttaqin di lingkungan RT yang ia pimpin sebagai tempat ibadah yang mewakili kecamatan Cibinong di program Tarawih Keliling tingkat Kabupaten Bogor. 

"Tentunya, saya selaku ketua RT sangat senang atas dipilihnya masjid kebanggan bagi warga RT.02 RW.13 Kelurahan Karadenan ini. Karena dari sekian yang ada di wilayah Kecamatan Cibinong khususnya, masjid kami ini lah yang ditunjukan oleh Camat Cibinong dalam melaksanakan tarling perdana yang digaungkan oleh pemerintah kabupaten Bogor,” tutupnya. (red) 

Sumber : Rilis/Publikasi Kinerja Kecamatan Cibinong

Editor : M.Juliyanto

Baca Juga
Lebih baru Lebih lama